Revolusi Motif Batik

Indonesia merupakan negara dengan budaya yang sangat beragam. Salah satu budaya di Indonesia yang telah dipatenkan oleh UNESCO adalah batik. Batik adalah kain yang mempunyai motif beragam yang penuh makna dan cerita. Zaman dahulu, batik dapat melambangkan status perekonomian dan martabat seseorang.

Motif batik di Indonesia antar satu daerah yang satu berbeda dengan daerah yang lain, motif batik di Yogyakarta, berbeda dengan motif batik di Aceh, demikian juga motif batik di Pekalongan berbeda dengan motif batik di Surakarta. Berikut adalah beberapa motif batik yang ada di Indonesia:

1. Motif Batik Kawung dari Yogyakarta

motif-kawung jogja

 

2. Motif Batik Pesisir dari Pekalongan

motif-batik-pekalongan pesisir

 

3. Motif Batik Sabang dari Aceh

batik sabang

 

4. Motif Batik Mega Mendung dari Cirebon

batikmegamendungcirebon

 

5. Motif Batik Panji Lasem

pola-banji-lasem jatim

 

Masih banyak motif – motif batik di Indonesia lainnya. Selain motif batik yang sudah disebutkan di atas, di era modern ini juga telah dikembangkan beberapa motif batik hasil karya anak bangsa yang telah dipasarkan dan dipatenkan, seperti :

1. Motif Batik Kimia yang dikembangkan di Yogyakarta

batik kimia

 

2. Motif  Batik Fraktal yang merupakan perpaduan Sains, Matematika, dan Teknologi

batik-fraktal

3. Motif Batik Mobil untuk Anak – Anak

batik mobil

 

4. Motif Batik Liqui Moly yang melambangkan etos kerja perusahaan oli mobil

batik-tasa

 

5. Motif Batik Klub Sepak Bola

batik bola

 

Sebenarnya masih banyak motif – motif batik lain yang saat ini sedang dikembangkan oleh anak bangsa di negara kita tercinta, akan tetapi motif – motif batik tersebut belum terekspos di media seperti motif batik lainnya. Nah, buat teman – teman sahabat Astoetik yang suka menggambar atau mendesain baju atau kain, bisa ikutan lomba desain yang sekarang ini sedang berlangsung di PT. PMC Teknikindo. Yuk ikutan! Lombanya sudah dimulai sejak tanggal 14 September kemarin lhoo, dan batas untuk mengikuti lomba mendesign motif batik ini akan berakhir pada tanggal 17 Oktober 2015. Jadi, tunggu apalagi? Yuk buruan ikutan lomba, mumpung masih ada kesempatan. Jangan mau kalah sama yang lain! Siapa tau motif yang kamu kirim bisa menang! -Ar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *